Sebagai upaya menjamin keberlanjutan mutu pendidikan tinggi dan meningkatkan akuntabilitas publik, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kampus Kebumen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (FKIP UNS) telah melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan (AL) pada tanggal 10–11 Juni 2025. Kegiatan ini merupakan bagian penting dari proses akreditasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan melibatkan asesor eksternal, yaitu Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi. dan Dr. I Gede Astawan, S.Pd., M.Pd.
Pelaksanaan asesmen ini berlangsung secara lancar dan produktif di Kampus PGSD Kebumen. Didukung oleh kerja sama sinergis dari seluruh elemen akademika, termasuk dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta mitra eksternal, kegiatan ini berhasil memberikan gambaran komprehensif terkait capaian mutu akademik maupun tata kelola program studi.
Kegiatan asesmen mencakup verifikasi data pada dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), observasi sarana prasarana, serta sesi wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan. Melalui pendekatan triangulasi data, para asesor memberikan penilaian yang objektif dan konstruktif, serta masukan strategis yang dapat menjadi pijakan dalam penyusunan rencana pengembangan program studi ke depan.
Asesor memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh Program Studi PGSD, termasuk komitmen terhadap implementasi budaya mutu, pelaksanaan pembelajaran yang berbasis capaian pembelajaran (CPL), serta partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan tridarma. Namun demikian, beberapa catatan strategis juga disampaikan untuk menjadi perhatian ke depan, seperti peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah, penguatan kerja sama internasional, dan optimalisasi sistem informasi akademik.
Beberapa catatan penting yang dihasilkan dari asesmen ini mencakup identifikasi kekuatan seperti komitmen sivitas terhadap budaya mutu, kurikulum yang adaptif, serta partisipasi aktif mahasiswa. Di sisi lain, tantangan seperti keterbatasan publikasi ilmiah dan penguatan kolaborasi internasional menjadi perhatian yang harus segera ditindaklanjuti. Kegiatan ini juga turut memperkuat citra dan kredibilitas Program Studi PGSD di mata publik dan pemangku kepentingan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pelaksanaan asesmen terdapat beberapa tantangan, seperti kesenjangan informasi antar pihak yang terlibat, dan potensi kendala teknis, khususnya pada kesiapan infrastruktur. Namun hambatan tersebut berhasil diatasi berkat kerja sama dan koordinasi yang baik dari seluruh tim yang terlibat.
Kepala Program Studi S1 dan S2 PGSD Kebumen, Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si., menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para asesor dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ini. Ia juga menegaskan bahwa hasil asesmen akan menjadi dasar penting dalam menyusun strategi pengembangan jangka pendek, menengah, dan panjang yang lebih adaptif dan inovatif.
Secara keseluruhan, asesmen lapangan ini bukan hanya menjadi sarana penilaian eksternal, tetapi juga menjadi refleksi akademik yang mendorong transformasi berkelanjutan bagi Program Studi PGSD. Kegiatan ini mencerminkan komitmen program studi dalam mewujudkan pendidikan tinggi yang unggul, relevan, dan berdaya saing, sejalan dengan visi FKIP UNS sebagai institusi kependidikan bertaraf internasional.
Harapannya asesmen lapangan ini dapat menjadi tonggak penting dalam perjalanan akademik Program Studi PGSD Kebumen menuju pencapaian mutu yang lebih baik dan keberlanjutan pendidikan yang bermakna bagi generasi pendidik masa depan.