Kebumen, 17 November 2024 – Pelaksanaan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang diadakan di SDN Tanuharjo sebagai upaya untuk mendekatkan mahasiswa calon guru dengan dunia nyata pendidikan di sekolah. Kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum fakultas keguruan di Universitas Sebelas Maret yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dalam memahami dan mengamati dinamika pendidikan di tingkat sekolah dasar.

SDN Tanuharjo dipilih sebagai lokasi pelaksanaan PLP karena dianggap memiliki lingkungan pendidikan yang kondusif dan bervariasi. Mahasiswa yang terlibat diarahkan untuk mengamati proses belajar-mengajar, interaksi antara guru dan siswa, serta sistem pengelolaan sekolah secara keseluruhan.

Pihak sekolah, termasuk kepala sekolah dan guru, menyambut baik program ini. Mereka merasa bahwa kehadiran mahasiswa memberikan angin segar dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Selain itu, siswa juga tampak antusias belajar bersama para mahasiswa.

Mahasiswa tidak hanya menjadi pengamat, tetapi juga berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kegiatan sekolah seperti:

  • Membantu guru dalam persiapan materi ajar.
  • Mendampingi siswa dalam kegiatan belajar kelompok.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan acara sekolah.

Manfaat Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi para calon pendidik, yang mencakup peningkatan rasa percaya diri, kemampuan beradaptasi, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia pendidikan dasar. Melalui pengalaman di SDN Tanuharjo, mahasiswa diharapkan mampu membangun dasar yang kuat untuk karier mereka di dunia pendidikan, serta terinspirasi untuk menjadi pendidik yang berdedikasi dan berkompeten di masa depan.

 

Program  Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) resmi ditutup pada 22 November 2024 melalui sebuah acara penutupan yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru, mahasiswa, dan perwakilan FKIP UNS. Kepala SD Negeri 2 Tanuharjo, Ibu Kunci Peni Saptoningsih, S.Pd., Sd., mengapresiasi dedikasi para mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi perkembangan siswa.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga untuk guru dan siswa di sekolah kami. Kami berharap kolaborasi seperti ini terus berlanjut di masa mendatang,” ujar beliau.

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) menjadi ajang penting bagi mahasiswa PGSD FKIP UNS untuk mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan, sekaligus memperkuat kompetensi sebagai calon pendidik. Program ini juga menjadi salah satu langkah strategis FKIP UNS dalam mencetak guru profesional yang siap mewujudkan pendidikan berkualitas di Indonesia.