Kebumen, 30 Mei 2024 – PSDKU PGSD Kebumen FKIP UNS menjadi tuan rumah kunjungan mahasiswa internasional dari Thailand pada tanggal 24 hingga 25 Mei 2024. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menjadi momen penting dalam menjalin hubungan dan pertukaran budaya antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan rekan-rekan mereka dari Thailand.

Hari Pertama: Penyambutan Hangat, Diskusi Interaktif, dan City Tour

Kegiatan dimulai pada hari Jumat dengan acara penyambutan yang berlangsung meriah. PGSD Kebumen menyambut kedatangan mahasiswa Thailand dengan sambutan hangat dari kepala program studi PSDKU PGSD Kebumen, Dr. Kartika Chrysti Suryandari., M.Si. Suasana akrab dan penuh kehangatan terasa sejak awal, menunjukkan keramahan masyarakat Indonesia.

Setelah acara penyambutan, dilanjutkan dengan sesi diskusi antara mahasiswa Thailand dan Indonesia. Diskusi ini difokuskan pada berbagai topik, mulai dari sistem pendidikan, metode pengajaran, hingga pengalaman pribadi dalam menjalani studi. Kedua belah pihak berbagi pandangan dan strategi dalam menghadapi tantangan pendidikan, menciptakan wawasan baru dan inspirasi untuk pengembangan diri.

Selanjutnya, para mahasiswa dari Thailand mengikuti city tour mengelilingi Kebumen. Mereka diajak mengunjungi beberapa tempat ramai dan ikonik di kebumen seperti tugulawet, moro soeta, alun-alun kebumen, dan Trio Mall Kebumen, Serta street food kebumen. City tour ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Thailand untuk lebih mengenal Kebumen, termasuk budaya dan kehidupan masyarakatnya.

Hari Kedua: Penutupan di Pantai Kembar

Pada hari Sabtu, acara dilanjutkan dengan wisata ke Pantai Kembar, Puring, Kebumen. Pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya dan konservasi penyu menjadi lokasi yang tepat untuk mengakhiri rangkaian kegiatan dengan suasana santai dan menyenangkan. Mahasiswa dari kedua negara menikmati keindahan pantai, berbincang santai, berinteraksi dengan penyu di penangkaran, dan berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

Kesan Positif dan Harapan di Masa Depan

Kunjungan ini meninggalkan kesan yang sangat positif bagi semua peserta. Mahasiswa PGSD Kebumen merasa bangga dan senang dapat memperkenalkan budaya dan keindahan daerah mereka kepada rekan-rekan dari Thailand. Sebaliknya, mahasiswa Thailand merasa terkesan dengan keramahan dan kekayaan budaya Indonesia yang mereka temui selama kunjungan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan kami. Pertukaran ide dan pengalaman dengan mahasiswa Thailand memberikan perspektif baru dalam bidang pendidikan,” ungkap salah satu mahasiswa PGSD Kebumen.

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan kerjasama antara UNS dan institusi pendidikan di Thailand dapat terus berlanjut dan berkembang. Pertukaran mahasiswa dan kegiatan serupa di masa depan diharapkan dapat terus memperkuat hubungan antarnegara, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Kunjungan ini bukan hanya sekadar acara formalitas, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam membangun jembatan budaya dan pengetahuan antara Indonesia dan Thailand.